Backlink SEO strategy Berkualitas Tinggi

Cara Membuat Backlink SEO Strategy Berkualitas Tinggi - Backlink adalah salah satu aspek penting yang dapat menentukan posisi situs web di mesin pencari.

Akibatnya, pertanyaan tentang backlink dan cara mendapatkan backlink gratis sering menyeberangi kepala sebagian besar blogger dan pengembang web.

Mempelajari dan memahami konsep backlink tidak mudah. Semua masih ada aturan google yang membatasi setiap gerakan yang dianggap berbahaya bagi banyak orang.

Salah satunya adalah kehadiran algoritma Google Penguin yang ditelusuri untuk mengurangi peringkat situs dengan backlink spam yang tidak relevan.


Dilarang Bermain Judi


slot dana

slot dana gacor

slot dana gratis

slot dana hari ini

slot dana malam ini

situs slot dana

agen slot dana

slot gacor

slot gacor gacor

slot gacor gratis

slot gacor hari ini

slot gacor malam ini

situs slot gacor

agen slot gacor

slot gacor resmi

slot qris

slot qris gacor

slot qris hari ini

slot qris malam ini

situs slot qris

agen slot resmi

slot qris resmi

nagagold88

nagagold88

nagagold88

nagagold88

nagagold88

nagagold88

nagagold88

nagagold88



Daftar Isi :

1. Apa itu backlink ?

2. Mengapa backlink penting ?

3. Cara Membuat Backlink ?

4. Pengertian Backlink dan fungsinya

5. Dua Jenis Backlink yang Wajib Anda Ketahui

   1. Dofollow Backlink

   2. Nofollow Backlink

6. Cara Membuat Perbedaan Dofollow Backlink Dan Nofollow Backlink

7. Eight Great Backlink Checker Tools

   1. Ahrefs - Backlink Checker

   2. SEMrush - Backlink Checker

   3 .UberSuggest - Backlink Checker

   4. Moz Pro - Backlink Checker

   5. OpenLinkProfiler - Backlink Checker

   6. BuzzSumo - Backlink Checker

   7. LinkMiner - Backlink Checker

   8. Majestic SEO - Backlink Checker

8.10 Backlink Seo Strategy

  1. Lakukan riset keyword - Backlink Seo Strategy

  2. Gunakan domain berisi keyword  - Backlink Seo Strategy

  3. Perhatikan plugins SEO - Backlink Seo Strategy

  4. Buat konten berkualitas - Backlink Seo Strategy

  5. Manfaatkan media sosial - Backlink Seo Strategy

  6. Bangun backlink - Backlink Seo Strategy

  7. Perhatikan penamaan gambar - Backlink Seo Strategy

  8. Memastikan situs memuat halaman dengan cepat - Backlink Seo Strategy

  9. Jangan lupa mencantumkan link - Backlink Seo Strategy

  10. Gunakan LSI Keywords -Backlink Seo Strategy

9. Lima Contoh Backlink Berkualitas

  1. Backlink berkualitas berasal dari website terpercaya dan resmi

  2. Kata kunci masuk juga ke anchor text tautan

  3. Topik saling berkaitan

  4. Tautan dalam bentuk “dofollow”

  5. Tautan yang dikasih pertama kali

10. Tujuh Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi SEO

  1. Lakukan Riset

  2. Linkable assets

  3. Penulis tamu / Guest post

  4. Aset visual

  5. Memberi testimoni

  6. Ulasan dari bloggers

  7. Pakai strategi media sosial

11. Sebelas Cara Membuat Backlink Strategy Berkualitas Tinggi

  1. Membuat Konten yang Unik dan Menarik

  2. Tulis Informasi yang Sedang Banyak Dicari

  3. Pikirkan daftar kata kunci

  4. Periksa target Anda

  5. Temukan sekutu Anda

  6. Memperhatikan Domain Authority

  7. Memperhatikan Page Authority

  8. Menempatkan backlink dengan benar

  9. Memperhatikan jenis tautan backlink

  10. Memberikan tautan backlink yang relevan dengan konten

  11. Penggunaan anchor teks yang tepat

 Cara Membuat Backlink SEO strategy Berkualitas Tinggi

1. Apa itu backlink ?

  • Backlink Atau Bisa Di sebut Linked adalah sebutan untuk nama link / link yang mengarah ke website kami.
  • Backlink Tautan Link dapat digunakan sebagai referensi untuk memudahkan Website atau hanya untuk tujuan optimasi sehingga website kami lebih populer di mata mesin pencari.
  • Dalam hal manfaat, Backlinks Itu dibagi menjadi dua jenis, yaitu Dofolla dan Nfolollow.
  • Kedua jenis backlinks di atas sebenarnya tidak berbeda sama sekali selama visualisasi dalam bersatu pandangan.
  • Namun, jenis dofiollow backlink lebih disukai karena memiliki nilai yang tinggi di mesin pencari okular, sedangkan tipe Nofollow relatif kurang menarik karena tidak memiliki efek yang signifikan pada website.
  • Hari ini, kebutuhan BackLink tumbuh lebih cepat pada referensi kampanye referensi sebagai salah satu strategi untuk menarik pembeli potensial.
  • Apakah ada saran atau efektif cara untuk mencari kualitas tinggi backlink strategi SEO?


2. Mengapa backlink penting ?

  • Backlink adalah model seperti adrier. Setiap tautan link yang ada akan memberikan reputasi "suara" ke mesin pencari. Ini menunjukkan kualitas Page, konten yang kredibel dan Sangat Bermanfaat.
  • Dengan kata lain, semakin lama tautan yang mengarah ke situs web Anda, peringkat di mesin pencari akan lebih melambung sangat tinggi. Pengguna Sangat Lebih Mudah Menemukan Situs Web Anda. Jadi, semakin banyak pengunjung berhenti.
  • Praktek backlink ini bukan barang baru. Backlink Tautan Link basis awal dari algoritma Google yang dikenal dengan Page Rank.
  • Meskipun algoritma Google yang terus dimodifikasi, backlink tetap menjadi salah satu anak favoritnya.


3. Cara Membuat Backlink ?

  • Banyak yang bertanya, "Apa itu backlink? Dan bagaimana melakukannya?" Backlinks adalah sesuatu yang perlu diketahui, terutama untuk Pemula Seperti Kami "Hahaha" . Mencari tahu apa backlink dan sarana sederhana lakukan di artikel ini
  • Contoh: Jika kita memiliki URL target https://torracinoid.com dan penjelasan tautannya adalah: situs web Torracinoid, maka tautan tag / kode yang akan kita lakukan adalah: situs web Torracinoid

4. Pengertian Backlink dan fungsinya

  • Tujuan kami menempatkan tautan dari situs web kami ke situs web lain adalah bahwa situs web kami mendapat kredibilitas di mesin pencari. Dan untuk mendapatkan kredibilitas situs web yang akan disematkan oleh tautan tautan di rumah, itu adalah situs web yang sudah kredibel di mesin pencari mata.
  • Oleh karena itu jelas bahwa backlink akan meningkatkan nilai kredibilitas situs web jika pemilik situs web ini berfokus pada cara melakukan backlink dengan Cara Yang Tepat. Cara Yang Tepat adalah membuat backlink dari dua situs web yang memberi diri mereka sendiri dan saling menerima.
  • Sebagai gambar adalah ketika situs web menginstal tautan untuk situs B yang secara tidak langsung mengatakan mesin pencari yang telah ditunjukkan situs dengan mesin pencari bahwa situs B adalah situs tepercaya.
  • Demikian pula. Itu sebabnya backlink atau referensi adalah tautan yang sangat penting, tetapi dengan catatan oleh situs web Rangking Page One.

5. 2 Jenis Backlink yang Wajib Anda Ketahui


1. Link Dofollow Backlink

  • Ada berapa kelebihan dofollow link jika diterapkan di website.
  • Linkers Tautan yang ada di dalam website bisa menjadi backlink.
  • Page rank One website akan naik karena pengunjung yang terus meningkat melalui peringkat search engine yang baik.
  • Sedangkan kekurangan dofollow link seperti.
  • Banyak komentar spam yang masuk ke dalam komentar atau komentar yang tidak sesuai dengan topik pembahasan.
  • Kebanyakan link Yang Tertaut dapat menyebabkan Google menjatuhkan sanksi pada website Anda.


2. Link Nofollow Backlink

  • Meskipun Digunakan nya jarang, nofollow dimanfaatkan untuk berbagai hal
  • Menjaga kualitas SEO di dalam search engine.
  • Meminimalisir komentar spam.
  • Link menjadi Selalu stabil dan Google akan dengan mudah mengikutinya.



6. Cara Membuat Perbedaan Backlink Dofollow Dan Nofollow


  • Tautan Nofollow atribut HTML yang bertanggung jawab untuk menyediakan kode Google dan mesin pencari lainnya untuk mengabaikan "nilai SEO" pada tautan tertentu. atribut HTML nofollow adalah Google untuk tidak mengikuti PIN atau URL PINTED.
  • Tautan nofollow biasanya digunakan untuk tautan yang "jelek". Contoh "daerah yang memiliki tingkat yang buruk atau link yang dapat menyebabkan spam link di kolom komentar".
  • Sebaliknya, Dofollow benar-benar memberikan sinyal ke Pencari Google untuk mengikuti link. Jenis tautan dofollow sebenarnya tidak perlu lagi mengkonfigurasi. Pencarian Google secara otomatis mengikuti setiap tautan yang disematkan dalam artikel atau halaman web.
  • Tautan dofollow disematkan ke dalam kata kunci yang ditargetkan. Adalah untuk memperkuat nilai referensi konten.

Secara manual memeriksa apakah tautannya dofollow atau nofollow. Bagaimana melihat garis kode.

Berikut adalah contoh penulisan tautan dofollow :

  • <a href="https://torracinoid.com/"> torracinoid </a>
  • Tautan Linkers dofollow seperti ini biasanya juga memberikan dukungan ke daerah lain sehingga dapat memberikan "kelebihan seo" yang lebih kuat. Ini Sangat bermanfaat tidak hanya donor tautan, tetapi juga pemilik domain yang menyertakan tautan domain lainnya.
  • Nah jika domain yang tautan harus ada di halaman blog, tetapi reputasinya buruk? Tentu saja, Anda dapat menggunakan Target NOFOLLOW.

Inilah cara menulis tautan nofollow :

  • <a href="https://torracinoid.com/" rel ="nofollow"> </a> Torracinoid
  • Anda dapat melihat perbedaan antara 2 jenis tautan di atas. Secara default, semua link yang Dofollow. mengubah link DoFollow The NOFOLLOW link, anda hanya menambahkan variabel Ref = "NOFOLLOW".


Variabel Ref ialah "nofollow" berguna untuk menegaskan pencari Google Bot tidak menjelajahi tautan atau catatan yang tercantum. Tetapi jika pengunjung mengklik tautan Link itu selalu diarahkan ke situs yang merupakan tujuan.

7. Eight Great Backlink Checker Tools

Baca Juga : Backlink Gratis dan Berkualitas Tertinggi Di Google

Sesuai Nama Backlink Checker Tools, setiap backlink checker memiliki fungsi utama untuk mengetahui backlink pada sebuah domain atau URL. 

Terdapat beberapa data yang biasanya wajib ada di setiap backlink checker, yaitu:


  • Referring Page/URL – Halaman website atau URL yang memberikan backlink.
  • Referring Domains – Jumlah domain yang memberikan backlink.
  • Domain and Page Score – Nilai atau rating domain dan halaman yang memberikan backlink.
  • Button Backlink – Dapat berupa teks anchor, URL, dan gambar untuk menuju backlink.
  • Dofollow dan nofollow – Informasi terkait jenis backlink.
  • Namun, agar bisa bersaing tentunya masing-masing backlink checker memiliki keunggulannya tersendiri.


Anda dapat mengeceknya dengan tools backlink checker di bawah ini.

1. Ahrefs

  • Ahrefs adalah alat analisis pemasaran digital paling lengkap.
  • Fitur-fiturnya milik AHREFS lebih dari cukup untuk memberikan analisis data yang berguna sebagai bahan optimasi situs web.
  • Anehnya, ada halaman halaman 16 triliunan yang telah merangkak yang selalu diperbarui setiap 15-30 menit! Anda juga dapat memeriksa backlink indeks secara real time pada Ahrefs.

Ahrefs


  • Cara Memeriksa Itu Sangat Mudah, Cukup masukkan Situs Ahrefs Explorer, lalu masukkan tautan yang ingin Anda periksa.
  • Selanjutnya, Anda akan melihat data backlink yang mengarah ke situs Anda.
  • Anda akan mendapatkan data 100 backlink teratas dari link yang Anda cari. Jadi Anda juga bisa melihat backlink dari domain kompetitor. 
  • Ahrefs juga membantu Anda mengetahui traffic dari pencarian Google ke halaman backlink. Fitur ini sangat jarang ada di backlink checker lain.


Keunggulan :

  • Penggunaan tidak sulit.
  • Dapat mengecek backlink kompetitor.
  • Fitur trafik pencarian google.
  • Memberikan data secara detail, seperti anchor text distribution, dofollow dan nofollow backlink, domain rating, dan lain-lain.
  • Dapat melihat daftar backlink secara real-time.
  • Terdapat data backlink secara historis (backlink baru dan lama) dan daftar backlink yang telah hilang.
  • Notifikasi jika ada backlink baru ataupun backlink yang hilang.


2. SEMrush

  • Alat pemeriksa backlink terbaik kedua telah memenuhi syarat untuk memeriksa backlink adalah semru.
  • Karena Semrush secara aktif merangkak sekitar 17 miliar URL sehari dan menganalisis lebih dari 33 backlink.
  • Untuk menggunakan alat-alat ini, Anda diminta untuk membuat akun. Kemudian, cukup masukkan nama domain yang ingin Anda simpan di analisis semrush backlink.
  • Maka Anda akan melihat data di bawah ini.

SEMrush


  • Data yang diberikan SEMrush terbilang lengkap. Terlihat pada detil tabel analisis tiap backlink. Bahkan, SEMrush juga memiliki fitur backlink lainnya. 
  • Seperti, Backlink Audit, Link Building Tool, dan Backlink Gap. Semuanya dapat Anda manfaatkan agar proses backlink Anda maksimal.


Keunggulan :

  • Adanya informasi new dan lost backlink.
  • Identifikasi semua backlink yang masuk baik ke domain, subdomain, dan URL.
  • Informasi tentang kualitas domain yang memberi backlink dan lokasinya.
  • Mendeteksi dofollow dan nofollow backlink.
  • Mengetahui halaman yang paling banyak memiliki backlink. 
  • Melacak backlink milik kompetitor.
  • Membandingkan progres link building hingga 5 domain kompetitor sekaligus.
  • Dapat terintegrasi dengan Google Search Console, Google Analytics, dan Majestic.
  • Adanya fitur disavow agar Google tidak mengindeks backlink.
  • Terdapat fitur disavow untuk menolak backlink.


3. UberSuggest 

  • Backlink checker ketiga yang kami rekomendasikan adalah UberSuggest dari neilpatel.com.
  • Caranya sangat mudah karena dapat langsung mengecek backlink di UberSuggest Backlink Checker, seperti gambar di bawah ini. 

UberSuggest


  • Tapi tentu saja, Anda diminta sign up untuk mendapatkan data yang lebih lengkap.
  • Selain itu, pada tab sebelah kiri layar bertuliskan Top Pages, Anda akan melihat total backlink per halaman.
  • Dan Anda akan melihat detail data backlink per halaman dengan meng-klik View All.


Keunggulan :


  • Memberikan ringkasan backlink yang mudah dibaca.
  • Menyediakan grafik pertumbuhan backlink secara historis.
  • Dapat melihat backlink kompetitor.
  • Terdapat filter untuk melihat backlink dalam berbagai data seperti, berdasarkan wilayah geografis, teks backlink, score domain, score halaman, dofollow dan nofollow.
  • Adanya informasi Organic Monthly Traffic yang menunjukkan estimasi trafik yang diperoleh domain dari pencarian organik selama sebulan.


4. Moz Pro

  • Jika Anda menginginkan fitur lengkap dan data mendalam, mungkin Moz Pro yang memiliki data 40 triliun backlink bisa menjadi salah satu pilihan. 
  • Anda hanya perlu mengetikkan nama domain yang ingin Anda cari di Link Research.
  • Lalu, Anda akan diminta untuk sign up dan, voila! Anda akan bertemu dengan data seperti di bawah ini.

Moz Pro


  • Moz Pro juga menyediakan fitur Link Intersect untuk membandingkan backlink di website Anda dengan lima website kompetitor sekaligus. Jadi, Anda dapat mengetahui backlink milik kompetitor yang tidak Anda punya.


Keunggulan :

  • Fitur quick download per laporan backlink. 
  • Adanya data Page Authority yang menunjukkan potensi peringkat halaman di mesin pencari.
  • Dapat mencari tahu backlink kompetitor, bahkan membandingkannya.
  • Menemukan broken link, sehingga Anda bisa memperbaikinya dan mempertahankan kualitas backlink.
  • Memeriksa backlink spam yang menuju ke website Anda.


5. OpenLinkProfiler

  • OpenLinkProfiler memungkinkan Anda mengecek dan menganalisa backlink secara gratis.
  • Setelah memasukkan URL domain yang ingin Anda cek di OpenLinkProfiler, Anda akan disuguhkan tampilan seperti ini.

OpenLinkProfiler


  • Di paling atas layar, Anda akan melihat berapa total jumlah backlink dan jumlah domain yang menuju ke website. 
  • Data itu dibantu dengan tabel rincian backlink pada bagian bawah layar. Terdapat Link Influence Score yang menunjukkan kualitas backlink. 
  • Lengkap dengan jenis dofollow atau nofollow backlink, serta teks backlink dan link targetnya.

Keunggulan :

  • Adanya fitur notifikasi untuk update perkembangan backlink.
  • Tanpa perlu langganan berbayar.


6. BuzzSumo

  • Tool selanjutnya adalah BuzzSumo yang dapat menganalisis konten website Anda dan juga kompetitor Anda.
  • Sebelum menggunakannya, Anda harus sign up terlebih dahulu. 
  • Selanjutnya, Anda dapat mengecek backlink dengan mudah, hanya klik Content dan pilih Backlink, lalu masukkan URL yang ingin Anda cek.

BuzzSumo

  • Anda dapat mengatur filter untuk mencari backlink di website Anda.
  • Terdapat empat filter yang dapat dicari yaitu, Past Year, Domains, Target links to exact page, All results per domain. 
  • BuzzSumo menyediakan data yang unik daripada yang lain, yaitu data social media engagement konten website Anda.
  • Seperti, facebook engagement, twitter shares, dan yang lainnya.


Keunggulan :

  • Mudah digunakan.
  • Memberikan konten yang sedang trending dan konten kompetitor.
  • Terdapat banyak informasi mengenai social media engagement.


7. LinkMiner

  • Pada urutan ketujuh, terdapat LinkMiner sebagai alternatif yang dapat Anda gunakan. Backlink checker keluaran Mangools ini dapat menjadi solusi berbudget minim. 
  • Setelah membuat akun, Anda dapat mengetikkan URL yang ingin di cek pada dashboard pada menu Backlink Analysis dan Anda akan mendapatkan tampilan seperti di bawah ini.

LinkMiner


  • Pada laporan di atas, Anda dapat mengatur pilihan data antara lain, All, New (backlink baru) dan Lost (backlink yang hilang). 
  • Anda juga dapat mengaktifkan filter untuk melihat Dofollow dan Nofollow backlink, serta Active atau Deleted backlink.
  • Meski LinkMiner tidak menyajikan data backlink sebanyak backlink checker lainnya, namun tabel yang Anda lihat dapat dikatakan lengkap dengan tambahan berisi:
  • AR (Alexa Ranking) – Ranking page pemberi backlink di Alexa.
  • LS (Link Strength) – kekuatan/kualitas backlink, biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti Citation Flow, Trust Flow, Dofollow/Nofollow, dan lain sebagainya.
  • Selain itu, terdapat rangkuman kualitas backlink. Caranya dengan melihat Citation Flow, Trust Flow, Reference IPs, Reference Domains, serta berapa banyak Active Backlinks. 
  • Khusus untuk Ref. IPs, Ref. Domains, dan Active Backlinks, data yang disajikan LinkMiner bersumber dari Majestic’s Fresh Indeks yang akan kita bahas selanjutnya.


Keunggulan :

  • Dapat melihat preview halaman pemberi backlink secara mobile dan desktop.
  • Adanya fitur ‘favorite’ URL yang dapat menyimpan data backlink.
  • Dapat mengecek backlink milik kompetitor.
  • Terdapat SEO Tools gratis untuk memaksimalkan proses link building.


8. Majestic SEO

  • Dan yang terakhir ada Majestic SEO. Untuk pengecekkan backlink, Anda akan diminta sign up. 
  • Setelahnya, masukkan URL yang ingin Anda cek di Majestic SEO. Dan Anda akan mendapatkan data ringkasan seperti di bawah ini.

Majestic SEO


  • Selain informasi utama di atas, disediakan juga informasi lainnya seperti, Link Context, Language, Link Density of Inbound Link, Backlink History, dan Backlink Breakdown.
  • Majestic SEO dapat diandalkan karena memiliki database indeks lebih dari 2 triliun URL yang terus diupdate.


Keunggulan :

  • Adanya fitur backlink checker berdasarkan historic index (data URL yang telah lama) dan fresh index (data URL yang terbaru).
  • Fitur dan data yang disajikan termasuk lengkap.
  • Tampilan berisi grafik dan bersih.
  • Adanya customer support yang siap membantu.


8. 10 Backlink Seo Strategy

1. Lakukan riset kata kunci – Backlink Seo Strategy

  • Dalam merencanakan untuk mengembangkan sebuah situs, hal pertama yang Anda lakukan tentunya adalah perencanaan. Kemudian, langkah selanjutnya yang sangat penting adalah apa yang dicari orang saat mengetik kata kunci ini di Google
  • Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan riset kata kunci menggunakan Google Adwords yaitu Keyword Tools. Layanan ini disediakan oleh Google secara gratis. Setelah itu, coba googling kata kunci tersebut dan lihat artikel apa yang keluar.
  • Umumnya jenis artikel akan sama dan ini bisa menjadi pertanda jenis artikel apa yang biasanya dicari pengguna. Tapi tentunya bukan berarti kamu membuat artikel yang sama, kan?

2. Gunakan domain yang mengandung kata kunci – Backlink Seo Strategy

  • Memasukkan kata kunci ke dalam domain tentunya akan membantu mesin pencari (search engine) untuk mengetahui fokus situs yang sedang dibuat. Trik ini tentunya akan sangat membantu dan menjadi rekomendasi untuk Anda coba.

3. Perhatikan plugin SEO – Backlink Seo Strategy

  • Ada beberapa plugin pendukung di situs yang dapat membantu SEO situs Anda. Contoh beberapa plugin WordPress yang sangat membantu SEO situs Anda adalah Yoast WP SEO atau All In One SEO Pack, Google XML Sitemaps, dan SEO Friendly Images.

4. Buat konten berkualitas – Backlink Seo Strategy

  • Siapkan strategi konten berkualitas untuk pembaca situs Anda. Buat pembaca Anda menikmati semua konten situs secara terus-menerus. Kami menyarankan Anda untuk terus memperbarui situs Anda dengan konten asli dan menarik bagi pembaca. Tentunya kontennya juga harus bermanfaat dan mengandung kata kunci SEO.

5. Manfaatkan media sosial – Backlink Seo Strategy

  • Media sosial memiliki peran penting dalam mesin pencari. Salah satu kunci sukses dalam SEO tidak hanya membuat konten yang bagus, tetapi juga berbagi yang berkualitas dan menarik. Jadi, Anda juga harus memperhatikan media sosial untuk meningkatkan situs dan SEO Anda.

6. Bangun backlink – Backlink Seo Strategy

  • Algoritma Google akan selalu berubah dari waktu ke waktu. Namun, hal penting yang tidak akan pernah berubah dalam SEO adalah backlink. Oleh karena itu, bangunlah backlink berkualitas untuk situs Anda. Anda bisa melakukannya secara terus menerus dan bertahap.
  • Saat membangun backlink untuk sebuah situs adalah membangun yang berkualitas. Jadi, manfaatkan waktu luang Anda untuk membangun backlink yang berkualitas dan perlu dilakukan secara terus menerus secara bertahap.

7. Perhatikan penamaan gambar – Backlink Seo Strategy

  • Selain beberapa hal di atas, hal penting lainnya adalah mengoptimalkan setiap gambar yang Anda unggah dengan menyisipkan tag Judul, ALT, dan penamaan file gambar sesuai kata kunci SEO.

8. Pastikan situs memuat halaman dengan cepat – Backlink Seo Strategy

  • Dalam panduan strategi SEO untuk pemula, hal yang sama pentingnya yang harus Anda perhatikan adalah memeriksa kecepatan situs. Pasalnya, menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa hampir 40 persen pengguna meninggalkan situs yang dimuat selama lebih dari 3 detik.
  • Untuk memeriksa kecepatan situs ini, Anda dapat menggunakan alat Google PageSpeed ​​​​Insigt untuk membantu mengetahui seberapa cepat halaman situs Anda dimuat dan mendapatkan saran yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan kecepatan situs.

9. Jangan lupa sertakan link – Backlink Seo Strategy

  • Setelah itu jangan lupa sertakan internal link dan external link. Tautan internal adalah tautan dari halaman ke halaman lain di situs yang sama. Sedangkan external link adalah link yang Anda sertakan yang mengarah ke situs lain.
  • Nah, baik internal link maupun external link akan sangat membantu situs Anda. Tautan internal akan membantu meningkatkan keterlibatan pengguna, menurunkan rasio pentalan, dan memudahkan Google membaca halaman di situs Anda.
  • Sedangkan external link dapat membantu anda untuk memperkuat isi artikel anda dengan mencantumkan sumber penulisan artikel. Tautan eksternal yang berkualitas akan memengaruhi poin relevansi dan kepercayaan suatu halaman. Dengan cara ini, SEO di situs Anda akan mendapatkan nilai positif dari Google.
  • Nah, nilai positif dari Google tentunya akan cukup membantu Anda meningkatkan page rank dan kemudian traffic situs Anda.

10. Gunakan Kata Kunci LSI – Backlink Seo Strategy

  • Google sekarang tidak hanya melihat kata kunci, tetapi juga memahami topik. Untuk memastikan bahwa Google memahami topik konten Anda dengan lebih baik, gunakan kata kunci LSI dalam konten yang Anda buat. Kata kunci LSI adalah kata atau frasa yang terkait dengan kata kunci target Anda.


9. Lima Contoh Backlink Berkualitas

1. Backlink berkualitas berasal dari website terpercaya dan resmi

  • Mana yang bikin nyenengin: kamu dapat backlink dari web universitas/perusahaan teknologi ternama atau dari website orang yang tidak kamu kenal? 
  • Jelas jawaban yang pertama, kan?
  • Google pun punya perlakuan yang sama. Konsep ini dikenal dengan istilah “domain authority”. Semakin terpercaya dan berkualitas situsnya, imbasnya ke web yang diberi backlink pun semakin yahud~ 
  • Tautan tipe ini jelas cukup susah untuk didapat, tapi tidak mustahil. Kamu bisa terus meningkatkan kualitas kontenmu sehingga suatu saat berpotensi untuk dilirik. 
  • Yakinlah, sekali dikutip, traffic organik yang mengarah ke web-mu bisa meningkat signifikan. Traffic ini pun nantinya akan membantu menaikkan ranking websitemu.

2. Kata kunci masuk juga ke anchor text tautan

  • Menaruh link pun tidak bisa asal pasang. Anchor text atau kata-kata yang dijadikan link ternyata juga punya nilai. Lebih-lebih kalau anchor text-nya merupakan kata kunci yang kamu target. 
  • Contohnya: kamu membuat artikel dengan keyword utama “belajar digital marketing”. Kemudian website terkenal mengutip tulisanmu dan frasa “dasar belajar digital marketing” di artikel mereka dijadikan tautan ke web-mu. Jelas, kan?
  • Nah, ada tapinya, nih. Hati-hati dengan anchor text ini, jangan terlalu terang-terangan mengejar ranking. Mengapa? Sebab Google punya algoritma Google Penguin yang tugasnya memfilter backlinks yang punya anchor text sama persis. 

3. Topik saling berkaitan

  • Google menilai suatu Backlink Berkualitas ketika website itu masih ada dalam satu topik yang sama. 
  • Bayangkan, kamu punya website tentang perikanan, tapi kemudian memperoleh backlink dari website komunitas sepeda. Apakah boleh? 
  • Ya boleh-boleh saja, tapi mesin pencari akan memberi nilai lebih rendah dibandingkan jika lamanmu dikutip oleh web yang fokus membahas pakan ternak. 

4. Tautan dalam bentuk “dofollow”

  • Kriteria ini termasuk teknis tapi tidak boleh kamu abaikan. Kenapa? 
  • Soalnya Google dan mesin pencarian lain mengabaikan backlinks yang punya embel-embel “nofollow” di dalamnya. Jadi, kalau kamu dapat backlink yang bentuknya begini, jelas tidak akan ada pengaruhnya ke ranking websitemu.
  • Nah loh! Repot, dong? 
  • Tenang, untungnya kebanyakan links yang ada di tulisan masuk ke tautan bertipe “dofollow”. 
  • Terlebih, links “nofollow” sangat mudah diidentifikasi. Pokoknya sekali lirik pasti kamu langsung bisa menilai, “Ah, nggak penting, nih.” 
  • Tautan ini biasanya ada di kolom komentar blog, press release, dan iklan berbayar. Gampang, kan? Kamu tak perlu mengejar-ngejar backlinks macam itu. 

5. Tautan yang dikasih pertama kali

  • Ceritanya kamu dapat backlink dari website A yang rankingnya bagus. Selamat!
  • Eh, kok website yang sama kembali ngasih tautan sepekan kemudian? Eh, kok sebulan kemudian ngasih lagi? 
  • Meskipun tidak masalah, tetapi “nilai” dari backlink kedua dan seterusnya tidak akan sehebat tautan pertama.
  • Mending dapat 10 link dari website bermacam-macam, daripada memperoleh 10 tautan dari satu website saja. 


10. Tujuh Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi SEO

1. Lakukan riset

  • Sekali lagi kamu harus ingat bahwa tujuan backlink adalah mendapatkan ranking teratas di Google. Oleh karenanya, kamu pun harus melakukan riset untuk tahu backlink apa saja yang dipunyai website lain.
  • Tenang! Tak perlu pusing-pusing. Kamu bisa menggunakan tools untuk mempermudah pekerjaan. 
  • Salah satu tools yang bisa kamu gunakan adalah Ubersuggest. Lewat tool buatan ahli SEO Neil Patel ini, kamu bisa mengecek data backlink kompetitor secara terperinci. Bahkan, kamu juga bisa menyimak data seberapa kuat profil website berdasarkan tautan yang ditarget dan rankingnya.  
  • Gunakan informasi yang tersedia untuk menyiapkan konten dan strategi yang lebih baik buat website-mu. 

2. Linkable assets

  • Setelah melakukan riset, kebutuhan dasarmu sekarang adalah membangun linkable assets alias aset yang layak dikutip orang. 
  • Aset ini bisa berupa postingan blog, video, software, kuis, survey, dan sebagainya. Pokoknya yang potensial menarik perhatian orang lain. 
  • Di banyak kasus, aset ini tidak asal dibuat. Ia bisa dikatakan merupakan konten yang utuh dan komprehensif tapi tetap menarik. Search engine optimization (SEO) dan content marketing biasanya punya tanggung jawab besar di bagian ini. 

3. Penulis tamu / Guest post

  • Ternyata, strategi “penulis tamu” masih tergolong efektif di dunia backlink! Cara ini layak dicoba terutama ketika umur website-mu masih muda. 
  • Nantinya, kamu akan menulis untuk website orang lain. Di dalam tulisan itu biasanya kamu bisa mencantumkan tautan menuju ke website-mu. Karena kamu bisa memilih website tujuan bertamu, ia akan memberikan dorongan traffic signifikan yang sifatnya organik.
  • Pilihlah website yang berkualitas dan sesuai dengan niche website-mu. Kalau topiknya sangat tidak nyambung, bisa-bisa malah dianggap spam oleh Google. 

4. Aset visual

  • Meskipun tidak sehebat konten teks, aset visual tetaplah penting untuk dibangun. Terutama visual berwujud infografis. 
  • Mengapa? Sebab tipe konten ini bisa bekerja baik bersama teks maupun mandiri. 
  • Ketika ditaruh bersama tulisan blog, ia bisa memperjelas bahasan dan akan memudahkan pembaca. Otomatis hal ini akan meningkatkan engagement orang ketika berkunjung dan sangat mungkin untuk dikutip nantinya. 
  • Sedangkan, ia juga bisa langsung dikutip ke website lain dengan tetap mencantumkan link ke sumber aslinya. Win-win!

5. Memberi testimoni

  • Banyak website perusahaan dan bisnis yang hobi banget mencantumkan testimoni pelanggan. Manfaatkan ini! Perusahaan senang, kamu pun bisa dapat backlink gratis!
  • Untuk memulainya, kamu bisa me-review produk/layanan lewat websitemu sendiri. Jangan lupa untuk memberitahu perusahaan tentang testimonimu itu. 
  • Mereka biasanya akan mencantumkan link ke website agar testimoninya itu semakin tampak terpercaya. 

6. Ulasan dari bloggers

  • Ini kebalikan dari poin kelima. Di sini kamu adalah pemilik bisnis yang punya produk/layanan untuk dijual. 
  • Untuk mendapatkan backlink agar website toko online muncul pertama, kamu perlu melakukan strategi yang sedikit berbeda.
  • Kamu bisa tawarkan produk/layananmu secara gratis ke para bloggers dengan imbalan review di blog mereka. Dengan cara sederhana itu, website bisnismu bisa memperoleh banyak backlink berkualitas. 

Bagaimana caranya? 

  • Cari bloggers dengan niche yang mungkin tertarik dengan produkmu. Kamu bisa melakukannya dengan mengetik di mesin pencari dengan kata kunci spesifik. Kemudian kamu bisa mulai membuat daftar blog yang potensial. 
  • Daftar yang sudah dibuat pasti berisikan blog/web yang gado-gado. Nah, saringlah lagi hingga kamu memperoleh daftar bloggers yang menjanjikan dan kemungkinan berminat dengan tawaranmu. 
  • Hubungi mereka lewat email profesional. Pokoknya susun email tawaranmu sebaik mungkin. Jangan terang-terangan langsung meminta backlink. Alih-alih, kamu bisa mengirimkan produkmu dan kemudian biarkan mereka memutuskan untuk memberikan ulasan lengkap dengan tautan jika merasa puas.

7. Pakai strategi media sosial

  • Sebenarnya peran media sosial dalam membangun backlink masih menjadi perdebatan. Meskipun begitu, media sosial tetap berguna untuk mendukung SEO websitemu. 
  • Aktivitas dan interaksi di media sosial yang bagus akan sangat membantu dalam mendatangkan traffic ke website. Dengan demikian, orang pun akan semakin familier dengan web-mu. Dari sinilah kemudian muncul potensi di mana nantinya mereka mungkin akan memberikan backlink. 
  • Paparan media sosial itu tidak hanya bagus buat website-mu, tetapi juga brand dan bisnismu secara umum. Jadi, jangan ragu untuk membuat konten yang “shareable”, biarkan sebanyak mungkin orang melihatnya, dan kamu pun tinggal menunggu hasilnya.

11. Sebelas Cara Membuat Backlink Strategy Berkualitas Tinggi


1. Membuat Konten yang Unik dan Menarik

  • Sudah bukan rahasia lagi jika konten yang baik akan menarik banyak orang untuk membaca sekaligus mereferensikannnya.
  • Jadi, fokuslah untuk mencari ide baru sebagai bahan tulisan.
  • Siapa tahu artikel Anda bisa menjadi rujukan situs authrity seperti Wikipedia yang memang terkenal sering memberikan backlink berkualitas.

2. Tulis Informasi yang Sedang Banyak Dicari

  • Untuk bisa menghadirkan konten berkualitas ada berbagai macam jalan yang bisa ditempuh, salah satunya yakni dengan menemukan topik bahasan yang sedang banyak dibutuhkan.

3. Pikirkan daftar kata kunci

  • Buat daftar, setidaknya 20 rencana kata kunci potensial yang akan ditulis. Tentu saja, pemeringkatan sebuah kata kunci tidak memiliki faedah, jika tidak ada orang yang mencarinya.
  • Pilih yang memiliki targetkan volume pencarian bulanan minimal 1.000 atau 2.000 lebih. Jangan ragu dengan target kata kunci bervolume tinggi. Bebaskan diri Anda dari rasa terintimidasi oleh hal-hal sulit. Jika ingin menjadi hebat!
  • Bahkan, situs yang berusia kurang dari satu tahun, juga memiliki potensi untuk mendapat peringkat beberapa kata kunci volume tinggi. Cari yang persaingan rendah.
  • Langkah awal, gunakan Google Keyword Planner (GKP) atau Long Tail Pro untuk menganalisis volume pencarian atau persaingan.
  • Temukan kata kunci terkait dengan ide dasar Anda.
  • Sayangnya, GKP tidak lagi menyediakan data khusus untuk volume penelusuran. Anda dapat menggunakan opsi Ubersugest milik Neilpatel. Ini cukup mudah digunakan.
  • Pada contoh ini, kata kunci target saya “cara meningkatkan penjualan online“ berada ditingkat persaingan sedang dan diperkirakan volume pencarian 480 perbulanan.

4. Periksa target Anda

  • Setelah Anda memilih kata kunci, mulailah melihat apa yang sudah dilakukan oleh situs yang berada di halaman teratas.
  • BuzzSumo adalah alat yang dapat membantu Anda menemukan konten yang paling mendapat perhatian di media sosial. 
  • Sebagai alternatif, Google juga menyediakan informasi berharga tentang halaman mana yang mendominasi web untuk kata kunci tertentu.
  • Sekali lagi, ‘pendekar’ Pencakar Langit itu adalah tentang mengalahkan kompetisi.
  • Jika isinya 2.000 kata? Maka Anda setidaknya membuat konten 4.000 kata atau lebih. Jika memungkinkan.
  • Pertimbangkan juga dari sisi estetika? Kalahkan persaingan dengan membuat artikel Anda menjadi lebih mudah dibaca. Sempurnakan format dan hirarki h1, h2, h3 dan lainnya.
  • Tambahkan elemen menarik seperti foto, infografis, tangkapan layar, atau video.
  • Sasarannya adalah menjadi 2x atau 10x lebih baik daripada halaman yang Anda tantang. 
  • Membuat versi kelas dua tidak akan membawa Anda kemana-mana.

5. Temukan sekutu Anda

  • Idealnya, temukan 100 hingga 200 website yang tidak hanya memungkinkan Anda berkontribusi, tetapi juga memasukkan tautan dofollow di dalam artikel.
  • Atau Anda dapat mencoba layanan jasa backlink premium saya.
  • Boleh saja mempertimbangkan dari sisi Otoritas Domain. Karena inilah satu-satunya cara kebanyakan orang menilai kualitas situs. Daripada benar-benar gelap.
  • Namun, perhatikan bahwa, beberapa situs otoritas rendah memiliki traffic tinggi. Itu artinya, Google memiliki trust terhadapa situs terkait.
  • Anda dapat memilih situs yang DA-nya sekitar 20+   
  • Sementara, saya asumsikan Anda memilih jalan gratis nan berliku. Melalui situs yang menyediakan kesempatan posting tamu.
  • Jadi, pertama;
  • Buat daftar situs target Anda.
  • Dalam bentuk list.
  • Setelah semuanya beres, Anda dapat mulai mengirim email untuk menyampaikan ide posting tamu Anda. 
  • Seperti yang disebutkan di bagian sebelumnya, pembuatan tautan manual akan tetap efektif, selama dilakukan dengan pendekatan “manusiawi” dan dipersonalisasi.
  • Buat email yang sopan, singkat, padat dan jelas. Pertegas bahwa, posting tamu tersebut Anda bertujuan untuk membangun tautan. Dengan begitu, pemilik situs tahu, bahwa Anda berharap tautan dari konten yang Anda posting pada situs mereka.

6. Memperhatikan Domain Authority

  • Domain authority atau biasa disingkat dengan DA adalah ukuran kekuatan dari sebuah domain website secara menyeluruh. Jadi pada intinya DA adalah peringkat nama domain dan ada nilai mulai dari 0 sampai 100 dalam menilai peringkat nama suatu domain. Dan semalim tinggi nilai DA nya maka semakin terpercaya dan kredibel sebuah website.
  • Maka cara membuat backlink dengan menempatkan backlonk pada website yang memiliki DA tinggi adalah cara yang tepat. Hanya saja untuk mendapatkan ijin untuk menanam backlink kita di website dengan DA tinggi tidak mudah.
  • Untuk mengetahui berapa besar nilai DA pada suatu website bisa melalui moz.com atau websiteseochecker.com. Dan nilai dari Domain Authority sendiri tergantung dari berbagai faktor.
  • Yang pertama adalah usia domain itu sendiri. Semakin lama umur domain maka semakin tinggi nilai DA nya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan jika website bertahan lama maka otomatis website akan dilihat sebagai website yang terpercaya karena konsisten dengan keberadaannya di dunia maya.
  • Kedua adalah popularitas dari website. Website yang populer adalah website yang sering di jadikan acuan. Seperti Wikipedia, website tersebut memiliki DA yang tinggi karena sering di jadikan acuan. Selain itu banyaknya backlink dengan cara membuat backlink nya sesuai ketentuan bisa mempertinggi nilai popularitas website.
  • Yang terakhir adalah ukuran domain dan hal ini berkaitan dengan seberapa banyak postingan yang dibuat oleh website. Semakin banyak postingan yang dibuat maka semkain banyak pula backlink yang terbentuk.

7. Memperhatikan Page Authority

  • Page Authority atau biasa disingkat dengan PA adalah peringkat pada satu halaman saja sehingga utuk memperoleh nilai tinggi pada PA hanya bisa dilakukan dengan memaksimalkan konten yang ada pada halaman tersebut. Besar nilai PA suatu halaman adalah 0 sampai 100. Dan nilai dari PA bisa kita cek melalui moz.com atau websiteseochecker.com dengan memasukkan URL halaman.

8. Menempatkan backlink dengan benar

  • Penempatan pada backlink juga berpengaruh pada kekuatan backlink. Dengan menempatkan backlink pada tempat yang peluangnya di klik lebih banyak misalnya pada isi artikel maka hal itu lebih baik daripada menempatkan pada tempat yang jarang orang menemuinya misalnya di footer atau atribution.
  • Dengan menempatkan backlink yang relevan pada konten artikel misalnya maka mesin pencari tentu membaca bahwa backlink yang dipasang memang benar-benar relevan denga isi konten. Sehingga selain memberikan peluang lebih untuk di klik juga akan mendapatkan poin dari mesin pencari.
 

9. Memperhatikan jenis tautan backlink

  • Dalam dunia SEO khususnya backlink telah dikenal dua macam tautan yaitu tautan nofollow dan tautan dofollow. Tautan dofollow adalah tautan yang biasa kita kenal yaitu tautan yang ketika kita klik maka akan tertuju kepada website atau halaman yang diinginkan oleh pembuat tautan backlink dan bernilai di mata Google. Dan rata-rata tautan yang di gunakan adalah type seperti ini.
  • Tautan nofollow adalah tautan yang ketika di klik menuju ke situs website atau halaman yang di inginkan oleh pembuat tautan backlink tetapi bernilai mati di mata Google. Terkadang dalam suatu website forum ketika kita membuat tautan backlink maka yang terjadi adalah tautan yang kita buat menjadi mati alias berubah menjadi tautan nofollow.  
  • Tautan nofollow tidak diakui oleh mesin pencari sebagai backlink karena memang link memiliki nilai nol. Meskipun begitu banyak ahli SEO yang tetap memutuskan untuk membuat tautan nofollow dengan alasan agar konten dilihat lebih natural oleh mesin pencari.

10. Memberikan tautan backlink yang relevan dengan konten

  • Cara membuat backlink dengan tautan yang relevan juga sangat mempengaruhi kekuatan backlink. Maksud relevan disini adalah ketika isi artikel yang akan disisipi backlink relevan dengan isi tautan backlink yang kita tanam.
  • Sehingga penanaman backlink tidak boleh di sembarang tempat. meskipun bisa dilakukan tetapi akan menjadi percuma jika kita menempatkan backlink kita pada konten yang tidak cocok.

11. Penggunaan anchor teks yang tepat

  • Apa yang dimaksud anchor teks?
  • Biasanya pada suatu postingan pada website backlink yang akan di tanamkan berada pada suatu teks. Sehingga kita tidak mengetahui nama situs web atau URL yang dipasang di artikel tersebut sebelum kita menklik teks yang telah ditanami tautan backlink. Teks yang tampak dan di dalamnya ada tautan link itulah yang dinamakan anchor text.
  • Maka jika kita membuat artikel pada website dengan tema tertentu maka ancor teks yang digunakan tentunya penggunaan kata-katanya tidak keluar dari tema tersebut. Penggunaan ancor teks ini berkaitan dengan kredibilitas konten website karena nilainya kembali terletak pada relevansi kata kata yang dipakai.

Siap Membuat Backlink SEO strategy Berkualitas Tinggi ?



Baca Juga : backlink
Baca Juga : Manfaat backlink
Baca Juga : Backlink Sangat Penting Untuk SEO
Baca Juga : inbound link
Baca Juga : backlink berkualitas
Baca Juga : SEO situs web Anda
Baca Juga : Manfaat Backlink
Baca Juga : Backlink Meningkatkan Kualitas SEO DAN SERP
Baca Juga : Backlink Meningkatkan Traffic Website
Baca Juga : Backlink Gratis
Baca Juga : Backlink Free
Baca Juga : Cara Membuat Backlink SEO
Baca Juga : Cara Membuat Backlink SEO Di Blog
Baca Juga : Cara Membuat Backlink SEO Di Wordpress
Baca Juga : Cara Membuat Backlink SEO Di website
Baca Juga : Apa Itu Marketplace ?
Baca Juga : Pengertian Marketplace
Baca Juga : Jenis Marketplace
Baca Juga : apa itu pasar online
Baca Juga : Pasar Online
Baca Juga : Keuntungan Berjualan Di Pasar Online
Baca Juga : Keuntungan Berjualan Di Marketplace
Baca Juga : apa itu pasar online
Baca Juga : keuntungan jualan online
Baca Juga : Pasar Online
Baca Juga : Kekurangan berjualan Di pasar online
Baca Juga : Kerugian jualan Online
Baca Juga : Pasar Online
Baca Juga : Apa Itu Pasar Online
Baca Juga : Pasar Online Indonesia
Baca Juga : Cara menjadi Youtuber Pemula
Baca Juga : Trik Menjadi Youtuber Sukses
Baca Juga : bagaimana menjadi YouTuber dengan jutaan pelanggan
Baca Juga : youtuber indonesia
Baca Juga : youtuber pemula indonesia
Baca Juga : Cara Membuat Pemasaran Artikel
Baca Juga : Cara Membuat Pemasaran Artikel Yang Sukses
Baca Juga : Tips Cara Membuat Pemasaran Artikel
Baca Juga : Pemasaran Artikel
Baca Juga : Apa itu Pemasaran Artikel
Baca Juga : Apa itu Artikel
Baca Juga : Bagaimana Cara Membuat Pemasaran Artikel Yang Sukses
Baca Juga : Bagaimana Cara Membuat Pemasaran Artikel

Kesimpulan :

Dengan memperhatikan beberapa langkah yang kami ungkapkan di atas, kami tidak akan lagi bingung tentang cara membuat backlink yang baik dan optimal. Tetapi kadang-kadang, ketika kita mencoba maksimal, tetapi hasil yang kita inginkan tidak sesuai rencana.

Ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Ini bisa menjadi titik yang kami sadari terlalu banyak pesaing atau cara membuat backlink, kami membuat kesalahan dan kami tidak tahu dan seterusnya. Namun, kunci kesuksesan adalah kembali ke perusahaan kami dan ketekunan kami.

5 Komentar

  1. http://foreverninen.com/slot-online/daftar-situs-judi-slot-online-terpercaya-sakti123/amp/

    BalasHapus
  2. Mantap tipsnya. Izin meninggalkan jejak..

    Contoh Puisi

    BalasHapus
  3. "Wow, what a blog layout! How long have you been blogging? You make blogging look effortless. The overall look of your website is great, not to mention the content!

    I COD4D So Amazed By You"

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama